Lembar Sakti Dara

” Tanpa sepatah katapun, aku langsung mengerti isyarat binaran itu. Kulihat dari matanya yang lebih besar dari mataku itu seolah ia mengatakan bahwa ia ingin membelanjakannya. Sungguh pikiran yang licik, desahku dalam hati.”

Advertisements

Aku ingat dulu, di suatu hari yang cerah, di pelabuhan Poto Tano, aku dan Dara pergi bermain ke rumah pak Wayan. Aku dan Dara bermain di bagasi rumah pak Wayan. Saat itu bagasi pak Wayan belum disemen. Masih berlantai tanah. Aku dan Dara bermain membuat rumah-rumahan dari tanah dengan bantuan sepotong kayu yang bentuknya seperti penggaris. Lalu tiba-tiba ditengah bermain, saat Dara sedang mengorek-ngorek tanah dengan kayunya, ia menemukan selembar uang kertas berwarna hijau dengan nominal dua puluh ribu rupiah Dua puluh ribu! Saat itu, untuk anak usia enam tahun dan empat tahun, uang dua puluh ribu rupiah adalah jumlah yang sangat banyak.Tak terbayangkan besarnya! Dengan dua puluh rupiah, kau bisa membeli empat puluh mangkuk bubur kacang hijau. Atau bisa mendapat 5 botol kaca sprite. Atau juga bisa dua puluh kali makan mie instan yang sudah dimasakkan diwarung pak wayan! Benar-benar jumlah yang diluar batas kami berdua untuk membelanjakannya. Jadi tak usah heran saat Dara memperlihatkan lembar sakti itu padaku, mataku langsung berubah warna. Menyesuaikan dengan warna lembaran itu.

Dara yang saat itu sudah mengerti bahwa lembar yang ia dapatkan itu bukanlah lembar biasa(tapi lembar sakti) langsung memandangku dengan mata berbinar. Tanpa sepatah katapun, aku langsung mengerti isyarat binaran itu. Kulihat dari matanya yang lebih besar dari mataku itu seolah ia mengatakan bahwa ia ingin membelanjakannya. Sungguh pikiran yang licik, desahku dalam hati.

Bersambung dulu ya….:)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s