Pak Wayan Olympiade

“Tak perlu hal yang rumit untuk bahagia, karena sebenarnya hal terkecil saja tetap bisa jadi kenangan”

Advertisements

Dulu ketika saya masih berusia enam tahun, saya tinggal disebuah pelabuhan penyebrangan di pulau Sumbawa. Saya tinggal di warung tempat orang tua saya menjual  nasi dan lauk kepada para penumpang kapal yang baru turun ataupun akan naik kapal. Hidup kami disana sangat sederhana. Saya sangat ingat, disana dulu saya dan adik saya Dara sangat suka bermain ke rumah Pak Wayan yang berada di belakang warung-warung tempat saya dan teman-teman masa kecil saya itu tinggal.

Pak Wayan adalah seorang hindu asal Pulau Bali. Beliau tinggal dengan istrinya yaitu Bu Wayan. Dan anaknya yang laki-laki, Wayan. Pak Wayan sangat baik hati. Beliau juga ramah dan menyukai anak-anak. Selain itu beliau seorang yang sangat humoris. Itulah sebabnya saya dan Dara sangat senang bermain ke rumah Pak Wayan. Bukan hanya kami berdua yang senang, tapi juga anak-anak yang tinggal di Pelabuhan juga senang bermain kesana setiap hari.

Karena kami jarang ada yang mau berangkat sekolah, maka kami setiap pagi sudah standby didepan rumah beliau. Menunggu Pak Wayan membuka warungnya dan bermain bersama kami. Yang paling berkesan adalah main lomba lari. Pak Wayan biasanya menyuruh kami yang belum mandi untuk membuat satu barisan beshaf. Lalu  beliau akan meniup peluit untuk mulai berlari ke batas tertentu. Dan kamipun berlari sekencang yang kami bisa. Rasanya seperti mengikuti lomba lari di Olympiade. Benar-benar seru! Setelah itu kami akan menunggu Pak Rasul datang, tukang bubur kacang hijau keliling.

Kami dibelikan satu mangkuk bubur kacang hijau setiap selesai lomba lari oleh Pak Wayan. Dan untuk yang berlari paling cepat dibelikan dua mangkuk. Yah, sangat sederhana. Tapi bila mengingat masa itu, rasa hangat langsung mengguyur saya dan membuat saya tersenyum sendiri. Sungguh kenangan manis yang tak terlupakan.[eng]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s